+62 251-8622915​
thp.fpik@apps.ipb.ac.id

Mahasiswa THP IPB Ciptakan Toner Wajah Alami Dari Kolagen Dan Kitosan

Mahasiswa IPB Ciptakan Toner Wajah Alami Dari Kolagen Dan Kitosan

Bogor,  Dewasa ini,  wanita menggunakan kosmetik untuk mempercantik diri. Wanita kerap disandingkan dengan kosmetik seperti dua sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan.

Perkembangan produk kosmetik di pasaran sangat pesat mengikuti tren-tren baru masa kini. Muncul berbagai jenis kosmetik yang bisa menjadi pilihan para wanita.

Salah satu kosmetik yang biasa digunakan wanita adalah toner atau penyegar kulit. Toner biasa digunakan untuk mengangkat kotoran yang tersisa pada wajah dan juga mengecilkan pori-pori kulit. Namun sayangnya, toner yang beredar di pasaran umumnya menggunakan bahan kimiawi.

Hal ini dapat memicu munculnya masalah baru pada kulit. Atas dasar inilah Rika Damayanti,  Mahasiswa Departemen Teknologi Hasil Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor (FPIK IPB) tergerak melakukan penelitian cara memformulasikan toner penyegar wajah dari bahan-bahan alami kolagen dan kitosan.

Penelitian yang berjudul ‘Karakterisasi Toner Penyegar Wajah berbasis Kolagen Teripang Gamma (Stichopus variegatus) dan Kitosan’ ini di bawah bimbingan Dr. Dra. Pipih Suptijah, MBA dan Dr. Kustiariyah Tarman, S.Pi, M.Si.

Wanita yang akrab disapa Rika ini menggunakan bahan alami kolagen dan kitosan yang bersumber dari biota perairan.

”Kandungan kolagen pada tubuh teripang bisa mencapai 70 persen dari total protein teripang tersebut. Sedangkan kitosan sangat baik digunakan dalam kosmetik karena bersifat biocompatible dan biodegradable”, ungkap Rika.

 

Sumber : : Humas IPB dan Antaranews

 

Related Posts

Leave a Replay

THP FPIK IPB